banner 728x250

Peserta KMAN Sorong Usulkan Bangun Univ Adat Nusantara.

banner 120x600

Tajuk Papua.Id, Sentani – Salah satu peserta Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke VI, asal Sorong Raya, Papua Barat, Ferry Onim mengusulkan dibangunya Universitas Adat Nusantara (UAN).

Menurut Ferry, pentingnya membangun Universitas Adat untuk mendidik dan menanamkan nilai, norma dan tatanan adat dalam masyarakat.

” Saya berharap dengan Kongres ini AMAN bisa melahirkan satu Universitas, untuk membangun Sumber Daya Manusia ( SDM ) dari setiap komunitas Masyarakat Adat yang ada di seluruh Nusantara ” tutur Terry saat sarasehan di Kampung Homfolo pada Selasa, 25 Oktober 2022.

Sarasehan di Kampung Homfolo membahas mengenai Masyarakat Adat dan Transisi Energi Berkeadilan, sehingga perlunya ada keseimbangan antara SDM dan SDA, ” Karena kalau kita bicara energi tanpa SDM sama saja, percuma”, ucap Ferry

Diakui Ferry masyarakat adat memiliki sumber daya alam (SDA) yang sangat berlimpah di seluruh Nusantara, namun perlu dikelola oleh masyarakat yang memiliki sumber daya alam yang mumpuni.

“Jika hal ini tidak dilakukan maka akan terjadi persoalan bagi masyarakat adat di wilayah masing-masing dalam pengelolaan sumber daya alamnya.” ujar Ferry. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *