banner 728x250

Gustaf Griapon:  2024 Tidak Ada Kesenjangan Telekomunikasi

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon
banner 120x600

Tajuk Papua.Id, Sentani – Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon menargetkan semua kampung bisa menikmati jaringan internet pada tahun 2024.

“Tahun 2024 tidak ada kesenjangan telekomunikasi di Kabupaten Jayapura, kata Gustav, kepada wartawan di ruangan kerjanya, Rabu 08/02/2023. 

Penegasan Gustaf,  bukan tanpa sebab pasalnya pada tahun 2022 telah dibangun 39 site tower yang kala itu diresmikan Bupati Mathius Awoitauw. Dan memasuki tahun 2023 melalui PT IBS akan dan sedang dibangun 9 Site Tower Base Transceiver Station (BTS).

Sembilan tower yang sedang dan akan dibangun tower BTS adalah Kampung Pagai Distrik Airu, Kamikaru Distrik Airu, Braso Distrik Yokari, Kampung Klaisu Distrik Gresi Selatan, Kampung Berap Distrik Nimbokrang, Kampung Buserya Distrik Yokari, Kampung Nembu Gresi Distrik Kemtuk Gresi, Kampung Sarmai Atas Distrik Namblong dan Kampung Maruway Distrik Yokari.

Menurut Gustaf, Bhakti Kominfo telah membangun 44 tower dalam paket pekerjaan non 3T USO aksesibilitas dan Informatika.

“Saya berharap semua masyarakat  yang ada di Kampung, baik tokoh masyarakat, pemuda, adat, masyarakat, kepala suku, kepala Kampung, kepala distrik,  Polsek dan Koramil wajib membantu pemerintah daerah untuk suksesnya pembangunan ini di tingkat bawa sehingga tidak ada kendala teknis yang dijumpai,”ungkap Gustaf

Diakui Gustaf, dari 39 BTS yang telah beroperasi, penggunaannya cukup banyak, hal ini membuktikan animo masyarakat cukup tinggi.

“Kami ajukan ke Bhakti Kominfo surat untuk tambah 10 mega karena 2 mega hanya untuk 100 orang, sementara pemakainya sangat tinggi.”ujarnya.

Manfaat Bagi Masyarakat Pemilik Tanah Yang Dibangun Tower.

Pada tanggal 17-20 Januari Dinas Kominfo telah melakukan pertemuan dengan pihak terkait dengan kesepakatan bahwa walaupun masyarakat menghibahkan tanahnya untuk dibangun tower BTS harus mendapatkan manfaat dari pembangunan tersebut. Dalam kesepakatannya, kata Gustaf mempekerjakan masyarakat pemilik tanah sebagai penjaga tower, menjual pulsa dan mendapatkan pelatihan peningkatan SDM.

” Dari pihak perusahan setuju dan akan didampingi pelatihan. Kami akan distribusi surat ke masing-masing kepala kampung untuk mendata mana yang jual pulsa dan mana yang menjaga tower nanti Bhakti Kominfo akan datang memberikan pelatihan seperti jual pulsa, perbaikan tower kalau ada gangguan dan pembersihan dalam tower. Kami sudah melakukan pertemuan di Jakarta di kantor Kominfo,”ungkap Gustaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *