banner 728x250
RAGAM  

Anggota Dewan Ini Lobi Dua Bis Eks PON Angkut Warga Tiga Kabupaten

Anggota DPRP Papua, John NR Gobay melakukan pengguntingan pita tanda dimulainya pengoperasian bus Nabire-Enarotali Papua Tengah
banner 120x600

JAYAPURA – Anggota DPR Papua, John NR Gobay melobi penggunaan dua bis eks  PON untuk angkut warga di tiga kabupaten ke Nabire

“Sebelum pengiriman bus eks PON XX Papua, saya sempat bertemu dengan salah satu pimpinan Damri Pusat dan juga salah satu Direktur di Kementerian Perhubungan,”kata John melalui rilis yang diterima, Rabu (28/12).

Saat pertemuan, menurut dia, ia menyampaikan bahwa masyarakat rata-rata warga yang berada di daerah-daerah pedalaman/jauh di balik gunung membutuhkan sarana transportasi yang memadai.

Lanjut dia, kebutuhan akan sarana transportasi itu untuk mengangkut hasil kebun ke kota. Damri telah membuka trayek Nabire ke Paniai, namun perlu penambahan trayek.

Dalam pertemuan kala itu, katanya, dia telah memboyong AM Damri Divre 4 Papua, Dul Rosid, dan Deputi Usaha Damri, Robby Mansoben.

Mengapa dia melakukan lobi, kata dia, lantaran usai pelaksanaan PON, Pemerintah Provinsi Papua menghibagkan bus PON kepada Damri. 

“Usulan kami kemudian masuk dalam hibah DAMRI, berbagai upaya baik melalui surat maupun melalui pertemuan-pertemuan kami terus lakukan selama 2022,”ujar Jhon.

Akhirnya, pada 12 Desember 2022 Damri telah mengirimkan dua bis melalui jalur kapal yakni KM. Ciremai ke pelabuhan. Lalu pengiriman dua bus itu dilanjutkan dengan kapal Perintis Masirei dan tiba di Pelabuhan Nabire pada 17 Desember 2022.

Kedua bis ini akan dioperasikan oleh Damri cabang Nabire dan untuk melayani trayek Nabire ke Paniai, sepanjang 263 km.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Menteri Perhubungan, Dirjen Perhubungan Darat, Pimpinan Damri Pusat, AM Divre IV Damri,”katanya.

“Atas bantuan dan perhatiannya, sehingga kami dapat memperoleh dua bis ini,”ujarnya lagi.

John berharap kepada Menteri Perhubungan agar menambah 10 bus lagi guna melayani warga yang berada di wilayah di pedalaman Papua Tengah ini.

Selain itu, menurut dia, kapal-kapal Perintis untuk melayani warga di wilayah pesisir baik di Utara Papua Tengah maupun di pesisir Selatan Papua.

“Dengan demikian, agar masyarakat kita yang ada di kampung-kampung dapat terlayani,”katanya.

John berterima kasih kepada Kapolda Papua, Irwasda Polda Papua, Kapolres Nabire, Kasat Lantas Polres Nabire membantu melancarkan pengiriman.

Dua bis ini membantu transportasi warga menjelang dan sesudah Natal untuk trayek Paniai, Deiyai, dan Dogiyai ke Nabire dan sebaliknya. 

“Saya berpesan kepada masyarakat agar dapat menjaga aset ini dengan baik,”ujarnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *