banner 728x250

PWI Papua Gelar OKK

banner 120x600

Tajuk Papua.id, Jayapura – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua menggelar Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) bagi puluhan wartawan  Selasa ( 28/05/2024) Dari orientasi yang dihelat di Aula Rasta Samara Polda Papua. 

Kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan wartawan profesional dan beretika dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai wartawan.

Ketua PWI Papua Hans Bisay mengatakan kegiatan Organisasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) Bagi Wartawan atau jurnalis yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sangat penting agar dalam melaksanakan tugas sehari hari lebih mengetahui fungsi maupun tugas dalam menyampaikan informasikan yang benar dan baik masyarakat

” Tujuan dari kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan profesionalitas wartawan Papua dalam melakukan kegiatan peliputan.” Pungkasnya

Dikatakan  jika OKK sebelumnya pernah digelar oleh ketua PWI dan kepengurusan  sebelumnya yakni,  Usman Fakaubun di era tahun 1990-an.

” ini yang terbaru. Dan bisa dikatakan ini perdana. Ketika tahun 2000 sampai tahun 2024 kegiatan  OKK perdana untuk Papua,”Pungkasnya 

Hans menyampaikan Setelah di Papua,  selanjutnya juga PWI di tiga provinsi DOB bakal menggelar OKK yakni  di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah dan Papua Selatan.

” sebenarnya dari sini ke Papua Tengah, kita minta untuk sekaligus jalan jadi OKK di Jayapura kemudian Nabire Papua Tengah kemudian di Papua Selatan cuma di Papua Selatan ini mau digelar ukw jadi kita tunggu lalu kemudian gelar OKK” Katanya 

Hans Bisay mengakui, jika OKK yang digelar perdana ini  juga untuk mendukung Kontingen Papua yang akan berlaga di Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas) nantinya.

“Karena salah satu syarat dalam Porwanas itu atlet yang mengikuti pertandingan, dia harus memenuhi syarat. Jadi harus ada kartu anggota PWI.  Untuk mendapatkan kartu anggota ini, maka setiap wartawan harus mengikuti OKK kemudian UKW,”Pungkasnya 

Sementara itu, Ketua bidang organisasi PWI pusat, H.  Zulmansyah Sekadang mengatakan, 70 wartawan yang mengikuti kegiatan OKK hari ini dinyatakan lulus semua, dan sudah bisa menjadi anggota PWI.

” saya berharap kawan-kawan yang hari ini dinyatakan lulus OKK sudah bisa bergabung menjadi anggota PWI muda” ujarnya 

Zulhamsyah menyampaikan dengan kegiatan OKK ini diharapkan menambah pengetahuan dan meningkatkan SDM Jurnalis PWI.

Lanjutnya juga bakal melaporkan ke pengurus pusat bahwa sebanyak 70 Wartawan di Papua telah bergabung bersama PWI Papua.

“Saya akan melaporkan  hal ini kepada pengurus pusat. Jadi kita bertambah lagi anggota dari Papua sebanyak 70 orang,” ucapnya.

Ia berpesan kepada peserta OKK yang sudah dinyatakan lulus dan menjadi anggota PWI muda agar benar-benar menjaga Marwah PWI.(ER)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *