banner 728x250
RAGAM  

Sosialisasi IoT Resmi Digelar,  Asisten II: Jadi Motivasi Kepala OPD Untuk Berinovasi

banner 120x600

Tajuk Papua.Id, Sentani – Asisten  ll Setda Kabupaten Jayapura, Delila Giay memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Gustaf Griapon yang telah berinovasi menghadirkan IoT atau  I-Padi di Kabupaten Jayapura. 

Hal ini disampaikan kepada wartawan usai  pembukaan Sosialisasi IoT atau Pertanian Digital bagi ratusan peserta di Aula Lantai II Kantor Bupati di Gunung Merah, Selasa 24/10/2023.

Menurut Delila apa yang dilakukan oleh kepala Dinas Kominfo sejalan dengan era sekarang semua menggunakan teknologi dalam berbagai sendi kehidupan. 

“Kita tidak boleh tinggal diam, harus terus berinovasi, manfaatkan jaringan internet yang sudah sampai di pelosok, untuk itu harus ditindaklanjuti dengan menciptakan inovasi terutama dalam bidang pertanian.”kata Delila.

Dia berharap dinas terkait,  seperti dinas Pertanian menindaklanjuti inovasi yang sudah tersedia untuk memudahkan petani terutama dalam hal pemasaran hasil pertanian.

“Ini program yang baik, harus berkolaborasi antara dinas-dinas terkait seperti Perkebunan dan Tanaman Pangan.’kata Delila 

Sementara itu salah satu narasumber yang juga merupakan coach dari Gustaf Griapon selaku peserta Diklat PIM II, Anthoni mengatakan, Sosialisasi,  IoT Pertanian Digital  akan menjadi pilot projek bagi daerah lain di Papua,  untuk itu masyarakat juga harus tahu apa itu teknologi IoT Pertanian Digital.

“Inovasi IoT akan menjadi leading sektor bagi kabupaten Jayapura karena masyarakat hanya bisa diberdayakan dari apa yang mereka punya  seperti tanah. Tanah jangan jadi lahan tidur yang tidak ada manfaatnya bagi masyarakat maka harus dikelola menjadi lahan produktif untuk mendapatkan hasil bagi kebutuhannya.”katanya

Dia berharap kepada pemerintah untuk terus mendorong masyarakat untuk terus berinovasi dalam menggunakan lahannya untuk keberlanjutan hidupnya. Jangan hanya menepuk dada putra daerah punya lahan tetapi tidak bermanfaat bagi mereka,”ujarnya.

IoT tidak hanya pada sektor pertanian tetapi juga sektor perkebunan juga peternakan serta untuk lingkungan hidup.

“Kita memulai dengan IoT sehingga menjadi Role model bagi daerah lain dalam mendapatkan  manfaatnya,” ungkap Anthoni 

Sosialisasi ini diikuti Pelajar, Mahasiswa, Dinas terkait, Organisasi Perempuan Kreatif, Pemantik serta relawan TIK,” kata Gustaf, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *