banner 728x250

Bawaslu Manfaatkan FDS Dengan Sosialisasi

banner 120x600

Tajuk Papua.id, Sentani- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jayapura Zacharias S.Y. Rumbewas mengapresiasi pemerintah Kabupaten Jayapura yang telah menyelenggarakan Festival Danau Sentani. Hal ini disampaikan Zacharias ketipa ditemui wartawan Tajuk Papua.id di lokasi FDS Pantai Khalkote pada saat penutupan FDS, Jumat 07/07/2023.

” Kami memberikan apresiasi kepada pj bupati yang dapat menyelenggarakan fds ini,” ungkap Zacharias.

Bagi Bawaslu, pelaksanaan FDS sebagai momen untuk melakukan sosialisasi dengan membuka stand Teras Bawaslu. Dengan tujuan mengkampanyekan politik uang, dampak dari politik uang dan pihak-pihak yang harus netral dalam politik praktis.

Selain itu kata Zacharias di dalam Teras Bawaslu pihaknya juga menerima aduan masyarakat yang tidak terakomodir dalam daftar pemilu tetap (DPT),

“Menurut analisis kami DPT akan menjadi masalah pada saat pemilu karena ketika masyarakat tidak terakomodir dalam DPT otomatis mereka tidak bisa memilih  dan itu melanggar hak konstitusionalnya. Kami membuka ruang dan akan kami tindaklanjuti kepada KPU, sehingga bisa terakomodir “ujar Zacharias.

Ia pun mengajak kepada seluruh masyarakat bersama bawaslu untuk menjadi pengawas partisipatif  dalam mengawasi tahapan pemilu dengan memastikan nama terakomodir dalam DPT.” Apabila nama tidak terakomodir segera melaporkan hal tersebut,”kata Zacharias.

Saat ini kata Zacharias sudah terlihat alat peraga kampanye padahal belum ada jadwal tahapan kampanye.” Harapan kami jika masyarakat melihat hal tersebut menyampaikannya ke Bawaslu sehingga bisa mengambil langkah penertiban,” ujarnya.

Ia berharap pemilu 2024 dapat berjalan damai, aman dan harmonis sehingga sangat diharapkan keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam melakukan pencegahan sehingga pemilu yang diharapkan dapat terwujud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *