banner 728x250
RAGAM  

Penjabat Bupati Jayapura Bakal Resmikan Sejumlah Infrastruktur Telekomunikasi

banner 120x600

Tajuk Papua.Id,Sentani – Penjabat (PJ) Bupati Kabupaten Jayapura, Triwarno Purnomo, STP.,M.Si dijadwalkan akan mersmikan infrastruktur Telekomumikasi Base Transceiver Station (BTS) non-3T ( Terluar, Terpencil dan Tertinggal) Pada tanggal 18/04/2023 di Distrik Demta Kabupaten Jayapura.

Adapun Tower BTS yang akan diresmikan berada di 5 Kampung yang telah terbangun Telkomsel yakni Kampung Muaif Distrik Demta, Kampung Kamdera Distrik Demta, Kampung Beneik Distrik Unurum Guay, Kampung Guyard Distrik Unurum Guay, Kampung Skoaim Distrik Kemtuk.

Selain 5 kampung yang sudah terbangun, masih ada 6 Kampung lagi yang akan dilanjutkan  pembangunan oleh pihak Telkomsel.

“Persiapan teknisnya sudah dilakukan untuk Peresmian BTS oleh Bapak Pj. Bupati Jayapura yang akan dipusatkan di Kampung Kamdera/ Tarfia Distrik Demta pada Hari Selasa tanggal 18 April dengan melibatkan semua stakeholder terkait di pemerintahan distrik dan kampung,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, S.T, M,.Sos dalam rilisnya kepada Media, Minggu (16/4).

Menurut Gustaf, Kabupaten Jayapura mendapatkan alokasi 20 unit tower BTS bantuan dari Dirjen Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada tahun 2022.

Sebanyak 20 Tower BTS non 3T ini dikerjakan oleh dua operator seluler yakni Telkomsel lewat mitranya PT. Daya Mitra Tel dan satunya lagi dikerjakan oleh Indosat lewat mitranya PT. Protelindo.

“Telkomsel mengerjakan 11 tower sedangkan 9 tower dikerjakan oleh Indosat,” jelasnya.

Dari 11 Tower BTS yang dikerjakan Telkomsel terletak di kampung Muaif Distrik Demta, Kampung Kamdera Distrik Demta, Kampung Beneik Distrik Unurum Guay, Kampung Guyard Distrik Unurum Guay, Kampung Skoaim Distrik Kemtuk, Kampung Hyansip Distrik Kemtuk Gresi, Kampung Hulu Atas Distrik Airu, Kampung Naira Distrik Airu, Kampung Omon Distrik Gresi Selatan, Kampung Umbron Distrik Kaureh, Kampung Atau Distrik Kaureh.

Sementara 9 tower BTS yang dibangun operator Indosat, meliputi Kampung Khameyoka/Skoaim Distrik Kemtuk, Kampung Benggwin Progo Distrik Kemtuk, Kampung Sekori/Sabeyab kecil Distrik Kemtuk, Kampung Doromena Distrik Depapre, Kampung Yepase Distrik Depapre, Kampung Yongsu Sapari Distrik Ravenirara, Kampung Necheibe Distrik Ravenirara, Kampung Newa Ormuwari Distrik Ravenirara, Kampung Yongsu Desoyo Distrik Ravenirara.

“Untuk Indosat pembangunan sudah selesai dikerjakan dan Diskominfo Kabupaten Jayapura terus berkoordinasi untuk persiapan peresmiannya lagi,” kata Gustaf.

Selain meresmikan Tower BTS Non 3T di Distrik Demta, pada kesempatan tersebut Pj. Bupati juga menyaksikan penandatanganan kerja sama operator seluler dengan penjaga tower BTS di 5 kampung dalam bentuk pemberian modal awal penjualan pulsa, demo penjualan pulsa sebagai tindak lanjut dari pelatihan yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 5 April di kantor Papua Inti Seluler Sentani.

Sebelumnya  Warga penjaga tower telah dilatih untuk pengoperasian aplikasi Digipos dalam penjualan pulsa dengan memanfaatkan fasilitas layanan telekomunikasi di wilayah pembangunan pesisir pantai utara, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Jayapura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *