banner 728x250

Patut Dicurigai ! Tiga Pimpinan DPRD Kabupaten Jayapura Kompak Tidak Buka Sidang Paripurna.

Sihar Lumban Tobing, Ketua Rapemperda DPRD Kabupaten Jayapura
banner 120x600

Tajuk Papua.Id, Sentani – Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Jayapura Sihar L. Tobing, mengaku kecewa karena ketiga pimpinan DPRD Kabupaten Jayapura tidak hadir untuk memimpin Rapat Paripurna IV yang  seharusnya dilaksanakan  Senin 03/03/2023. 

Seharusnya, Kata Sihar ada 2 agenda penting yang sesuai dengan jadwal sidang, yakni  Pendapat Akhir Fraksi-fraksi Dewan tentang Raperda Non APBD Tahun 2023 dan yang kedua Rapat Paripurna V tentang Penutupan Sidang Paripurna I Masa Sidang I tentang Raperda Non APBD Tahun 2023.

Menurut Sihar Tobing selaku ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Jayapura, Sihar L. Tobing, S.H., yang  hadir di ruang rapat paripurna mengatakan  paripurna ini sudah dijadwalkan oleh pimpinan. Namun, tiga pimpinan tak satu pun berniat untuk membuka sidang paripurna di dalam ruang sidang.

“Saya juga tidak tahu kenapa pimpinan tidak membuka sidang tersebut. Ya, simpang siur alasannya atau tarik menarik soal jumlah Raperda yang disetujui. Pada prinsipnya, kami tadi sudah siap semuanya,” kata Sihar L. Tobing 

Kata politisi Golkar itu, dalam tata tertib, kalau sudah ada undangan paripurna, mesti dibuka dulu. Kalau belum kuorum, di tata tertib sudah jelas disebutkan, bahwa sidang paripurna bisa ditunda selama 15 menit, kalau ternyata belum kuorum.

“Tapi, nyatanya dalam sidang paripurna tadi kan sudah memenuhi kuorum. Kalau soal kuorum itu tadi sudah sangat kuorum sekali. Kami semua anggota dewan sudah ada dan siap di ruang sidang. Artinya, dari jam satu (1) siang tadi sudah kuorum kok. Tapi, karena sampai jam setengah lima (5) sore tidak ada pimpinan DPRD yang ingin membuka sidang paripurna, sehingga kami langsung pulang tinggalkan ruang sidang,” kata pria yang juga Praktisi Hukum ini.

Bahkan dalam ruang sidang ungkap Sihar, pihaknya  sempat menyuruh para pimpinan OPD untuk pulang. Dia beralasan pimpinan OPD sudah terlalu lama menunggu, padahal banyak hal yang harus diselesaikan. “Karena kasihan saja pimpinan-pimpinan OPD yang merupakan pejabat-pejabat besar itu orang sibuk dan banyak yang harus dilayani oleh mereka menunggu dari jam satu (1) siang sampai jam setengah lima (5) sore,” ungkapnya.

” yang jelas jumlah semua anggota dewan tadi sudah kuorum dan rata-rata pendapat akhir Fraksi-fraksi sudah siap dibacakan yakni, Fraksi BTI, Fraksi PKB dan Fraksi Gerindra sudah ada diatas meja teman-teman dewan,” lanjut Sihar Tobing. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *