banner 728x250

Anderson Tokoro: Adat Mempunyai Jati Diri Yang Jelas, Jangan Sampai Pemerintah Intervensi

Masyarakat Membawakan tarian saat penjemputan tamu Sarasehan 25/10/2022
banner 120x600

Tajuk Papua.Id, Sentani – Ondofolo Kampung Homfolo, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura, Anderson Tokoro menegaskan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara merupakan Ibu Kandung dari Negara yang pernah dihilangkan tetapi saat ini mereka bangkitkan kembali.

Hal ini disampaikan Anderson saat sarasehan 20 di Kampung Homfolo Rabu 26/10/2022. Menurut dia, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara terlahir dengan tegas dan bertanggung jawab, mulai dari akar sampai kepada pimpinan-pimpinannya, karena setiap orang Indonesia terlahir dari adat dan budayanya.

Dengan tegas Anderson mengatakan pemerintah tidak boleh ikut campur atau mengatur adat, karena adat mempunyai jati diri yang jelas.

“Siapapun dia, baik itu Presiden sampai kabinet pun, mereka mempunyai adat. Anak-anak yang terlahir dari adat, hari ini berbicara tentang kenegaraan, Negara baru dibentuk sedangkan adat ini terlahir dengan bumi ini” Ucap Anderson. 

Dengan adanya KMAN VI ini berarti membangkitkan nilai-nilai adat serta budaya yang dikikis habis oleh zaman ataupun institut-institut baru yang dibentuk oleh Pemerintah.( redaksi- Olaf – JMA )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *