banner 728x250

Masyarakat Adat Tagih Janji Jokowi Sahkan UU Masyarakat Adat

Komunitas Adat Kalimantan Utara saat tiba di Puspenka, Hawai Sentani, Kabupaten Jayapura saat melakukan registrasi Kepesertaan KMAN ke VI, Sabtu 22/10/2022
banner 120x600

Tajuk Papua.Id, Sentani – Ketua BPH AMAN Kalimantan Utara, Yohanes mengaku dalam Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI di Tanah Tabi, 24-30 Oktober 2022 akan menagih janji Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 untuk mengesahkan UU masyarakat adat.

“Pemerintah segera memenuhi janjinya dan mengakui keberadaan masyarakat adat serta mengeluarkan surat keputusan (SK) tentang hutan adat untuk pemenuhan hak-hak masyarakat adat,” kata Yohanes.

Dia berharap dalam kongres bisa menghasilkan keputusan-keputusan yang bisa memberikan proteksi terhadap keberlangsungan hidup masyarakat adat di atas tanahnya sendiri.

Lebih lanjut Yohanes menjelaskan ada 28 peserta yang berasal dari Aliansi Masyarakat Adat Kalimantan Utara yang mewakili 40 komunitas masyarakat adat di Kalimantan Utara.

Dalam kongres Masyarakat Adat Nusantara ke VI di Tanah Tabi, selain komunitas adat di seluruh Indonesia hadir juga tamu dari luar negeri dan NGO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *